Selasa, 10 Maret 2009

Cooling Water System

Unit ini berfungsi untuk mensuplai air pendingin ke unit-unit proses, facilities, utilities, ancillaries, dan fasilitas offsite. Cooling water yang dihasilkan didistribusikan ke Process Unit sebanyak 17,000-19,000 ton/jam dan Utilities sebanyak 11,000-14,000 ton/jam. Make up Cooling Water sebesar 400-500 ton/jam.

Bagian-bagiannya adalah:

* Menara pendingin (Cooling Water Tower).
* Pompa air pendingin (Cooling Water Pump).

Dalam operasi normal, sesuai desain cooling water pump yang running adalah 5 unit dan 1 unit auto stand by dengan kapasitas masing-masing 7,000 m3/jam pada tekanan 4.5 kg/cm2g,
Side stream Filter, kapasitas 220 m3/jam,
Side Filter/Startup Cooling Water Pump, kasitas 660 m3/jam.

Uraian Proses:
Menara pendingin (Cooling Water Tower) dirancang untuk mendinginkan air dari temperatur 45.5C menjadi 33C dengan wet bulb temperatute 21.9C dengan tipe open circulating system (counter flow). Menara terdiri dari 10 cell dan 10-draft fan beserta masing-masing motornya dan dua buah header supplay utama untuk pendistribusian ke onsite dan utility area.
Fasilitas pengolahan air digabung dengan menara pendingin yang dilengkapi untuk injeksi gas chlorine, corrosion inhibitor, dan dispersant. Untuk menjaga mutu air, sebagian air diolah oleh side stream filter. Pada bagian header supply ke utility area, dilengkapi dengan on line conductivity analyzer untuk memonitor mutu dari air pendingin.
Dari pengalaman selama ini, hampir setiap hari strainer cooling water pumps harus dibersihkan karena banyak serangga yang masuk ke basin cooling water system. Masalah akan timbul apabila tidak ada pompa yang stand by (rusak, program maintenance) dan dalam waktu bersamaan ada pompa yang perlu dilakukan cleaning strainer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar